Rabu, 18 Mei 2011

Pemeriksaan Indirect Tinja

Pemeriksaan Indirect

Pemeriksaan Indirect Tinja adalah pemeriksaan secara tidak langsung pada tinja. Pemeriksaan Indirect tinja dengan metode konsentrasi ini memungkinkan bentuk parasit terkonsentrasi mengapung pada lapisan teratas dari suatu larutan, dimana larutan tersebut mempunya Berat Jenis yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan BJ parasit, sefangkan material tinja yang lain terpisahkan dari parasit, tenggelam.
Pemeriksaan Indirect Tinja mempunyai 2 metode , yaitu dengan menggunakan Larutan Garam Pekat dan Gula Pekat. Ada perbedaan dari ke-2 larutan ini , dilihat dari Berat Jenis dan Waktu yang digunakan pada proses pengendapan, pada Garam Pekat, Berat Jenis yang dimiliki adalah 1.120 – 1.210 dan membutuhkan waktu 10 menit, sedangkan pada Gula pekat 1.180 dan membutuhkan waktu selama 20 menit.
Teknik pengapungan Garam Pekat ini mempunyai keuntungan cepat prosedur pemeriksaannya, sehingga baik untuk kerja lapangan memuaskan untuk telur telur Ascaris lumbricoides, Hook Wormn, Trichuris Trichiura, Taenia sp, Hymenolepis nana, tempayak Helminthes dan Protozoa.
Teknik pengapungan Gula Pekat ini mempunyai keuntungan dimana telur telur Helminthes dan kista protozoa dapat dikonsentrasikan dengan pengapungan, untuk protozoa, larutan gula pekat lebih memuaskan daripada larutan garam pekat, sebab dengan larutan garam pekat lebih sering menyebabkan pecah dan berkerutnya kebanyakan kista Protozoa dan beberapa telur Helminthes.

0 komentar:

Posting Komentar